Penting Inilah Penyebab Power TV tidak Bisa Menyala


Kerusakan tv dengan ciri tombol power tv tidak menyala saat ditekan adalah kerusakan yang sangat umum terjadi.


Bagi seorang teknisi yang sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi dalam memperbaiki televisi dengan kerusakan saat tombol power ditekan televisi tidak menyala mungkin bukanlah hal yang sulit.


Baca Juga : Bagian Regulator tv yang Penting untuk Anda ketahui


Namun, hal ini tidak berlaku bagi mereka teknisi pemula apalagi yang baru belajar dalam memperbaiki tv yang rusak mungkin akan sedikit mengalami kesulitan.


Untuk itu dalam kesempatan ini akan coba dijelaskan secara baik dan benar terkait langkah-langkah dalam memperbaiki tv dengan kerusakan seperti ini.


Langkah #1 Periksa Kabel AC Televisi


Tujuannya untuk memastikan apakah kabel tersebut dalam kondisi baik atau tidak.


Langkah #2 Lepaskan Box televisi


Sedikit berbagi pengalaman dalam melepaskan Box televisi mesti diperhatikan semua baut yang terdapat dalam box tv tersebut.



Biasanya karena kurang fokus saat membuka casing terdapat dudukan baut yang rusak akibat dipaksakan saat melepas casing tersebut.


Langkah #3 Periksa saklar atau tombol tv tersebut


Tujuannya untuk mengetahui apakah saklar tv tersebut dalam kondisi rusak atau masih bagus. Terkadang tombol yang rusak bisa menjadi sebab tv kerusakan seperti ini.


Langkah #4 Solder ulang bagian Regulator


Lakukan penyolderan ulang pada bagian reg tv, mungkin saja solderan pada komponen bagian ini sudah tidak bagus hingga menyebabkan tv dengan kerusakan seperti ini. 


Langkah #5 Cek sekring yang terdapat di regulator tv


Seringkali tv dengan kerusakan seperti ini disebabkan karena sekring yang putus. Hal ini disebabkan adanya komponen pada bagian regulator yang rusak.


Biasanya dioda bridge maupun penguat regulator mengalami kerusakan. Ciri penguat regulator itu ada pendinginnya. Sedangkan penguat itu sendiri ada yang menggunakan STR ada juga Transistor.



Apabila penguat Regulator mengalami kerusakan jangan terburu-buru untuk menggantinya, karena seringkali penguat rusak karena ada komponen yang rusak disekitar penguat regulator.


Periksa satu persatu komponen yang satu jalur dengan penguat tersebut. Jika ditemukan gantilah maka sampai disini biasanya tv sudah bisa hidup normal kembali.


Langkah-langkah yang aku sebutkan di atas In Syaa Allah cukup mudah untuk Anda peraktekan. Namun, sebelum itu disarankan Anda terlebih dulu sudah memahami cara menggunakan multimeter untuk mengukur komponen yang benar.


Seperti cara mengukur saklar tv, cara mengukur komponen Resistor, diode, elco, transistor, dan berbagai komponen tv lainnya.


Khusus Hanya untuk Anda yang ingin memperdalam kemampuannya dalam memperbaiki tvn tabung yang rusak seperti para AHLI, Anda bisa miliki Panduan Tutorial servis tv tabung [Premium].


Bagi yang tidak serius Jangan. Demikian sajian materi power tv tidak menyala semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua. Bila ada pertanyaan silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah ini.

1 Response to "Penting Inilah Penyebab Power TV tidak Bisa Menyala"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel