Cara Ampuh Dalam Memperbaiki TV Rusak


Cara memperbaiki tv rusak jujur bukanlah hal yang sulit jika Anda sudah memahami teori dasar dalam perbaikan elektronik khususnya tv seperti materi khusus yang bisa Anda lihat disini.

Perlu sahabat ketahui bahwa ada beberapa langkah yang sebaiknya Anda kuasai agar bisa benar-benar AHLI dalam memperbaiki tv rusak diantaranya:
 
Memahami komponen elektronika dan Fungsinya

Mengetahui Berbagai jenis komponen elektronik beserta fungsinya adalah hal yang sangat penting, apakah itu komponen elektronik aktif maupun pasif.

Bagi sahabat yang belum memahami komponen apa saja yang di kategorikan komponen aktif yaitu Resistor, kapasitor, induktor, transformator.

Sedangkan yang termasuk dalam komponen pasif ialah Dioda, apakah itu dioda cahaya, dIoda foto, laser, zener, bridge, maupun dioda schottky, dan satu lagi yang termasuk komponen pasif yaitu transistor. Selengkapnya bisa Anda lihat di wikipedia.

Anda perlu memahami dasarnya saja, misalnya prinsip kerja komponen tersebut dan cara mengukur komponen tersebut agar nantinya Anda bisa mengetahui berapa nilai komponen itu dan apakah komponen itu masih dalam keadaan bagus atau sudah rusak.

Contoh Anda mengukur Resistor yang ukuran 100 ohm dengan menggunakan multimeter, apakah itu multi yang analog ataupun digital. Bila nilai Resistor tersebut berubah menjadi besar misalnya 200 ohm maka bisa kita pastikan bahwa R tersebut dalam keadaan rusak. Begitupun juga yang terdapat pada komponen elektronika lainnya, khususnya komponen yang terdapat dalam tv.


Mengetahui Bagian-bagian tv dan fungsinya
 
Mengetahui bagian-bagian yang terdapat dalam televisi tabung adalah hal yang sangat vital, karena memahami setiap bagian dalam tv Anda akan mudah dalam melakukan analisan dimana letak yang menjadi kerusak televisi tersebut.

Ada beberapa bagian dalam tv yaitu bagian Regulator, bagian ic suara, bagian ic vertical, bagian fbt, bagian horizontal, bagian program, dan bagian RGB.

Dengan memahami setiap bagian tersebut Anda lebih mudah dalam melakukan pemetaan dimana letak kerusakan tv tersebut. Misalnya “tv rusak tidak ada suara”. 


Bagian suara dalam tv tabung adalah bagian yang berfungsi untuk membangkitkan frekuensi suara dalam televisi sehingga yang menjadi perhatian Anda dalam memperbaiki tv dengan kerusakan tidak ada suara adalah “bagian ic suara”. Inilah pentingnya memahami setiap bagian dalam televisi dan fungsinya.

Memahami prinsip kerja atau cara kerja tv

Memahami cara kerja tv juga sangatlah penting mulai dari proses tv tersebut menerima sinyal sampai proses terbentuknya gambar seperti yang Anda lihat dalam gambar berikut :


Tujuan memahami cara kerja televisi seperti ini ialah agar Anda kedepan lebih mantab lagi dalam menganalisa letak kerusakan tv tersebut. Agar Anda lebih cepat kerjanya, karena Anda sudah punya gambaran oh kalau yang berkaitan dengan tv rusak tidak ada gambarnya kemungkinan bagian ini karena menurut kerja tv bagian inilah yang menjadi penyebabnya.

Mengetahui cara mengukur tegangan tv

Perlu Anda ketahui bahwa komponen yang terdapat dalam tv bisa bekerja jika mendapatkan supply tegangan dalam jumlah tertentu. Misalnya ic vertical yang terdapat pada tv membutuhkan tegangan sekitar 24 vdc agar bisa bekerja dengan semestinya.

Apabila tidak ada supply tegangan pada ic vertical jelas ic vertical tersebut tidak akan bisa bekerja sesuai fungsinya. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara melakukan pengukuran tegangan disetiap bagian yang terdapat dalam tv.

Jujur apa yang sudah dijelaskan di atas sudah dibahas lengkap dalam “Panduan Premium”, khususnya, Mengetahui Bagian-bagian tv dan fungsinya, Memahami prinsip kerja atau cara kerja tv, Mengetahui cara mengukur tegangan tv, dan masih banyak materi khusus lainnya yang sangat Penting Anda ketahui.

Bagi teman-teman yang bersungguh-sungguh ingin bisa memperbaiki tv rusak seperti para AHLI ada baiknya Anda segera memiliki panduan istimewa ini Tutorial servis tv [Premium] karena sudah banyak yang merasakan manfaatnya.

Semoga sajian artikel yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk Anda semua dan saya berdoa kepada Allah Ta’ala supaya memberikan Anda kemudahan dalam memperlajari setiap ilmu yang bermanfaat.

0 Response to "Cara Ampuh Dalam Memperbaiki TV Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel