Penyebab Warna tv dominan Hijau Dan Cara Ampuh Dalam Memperbaikinya



Kerusakan Warna Tv Dominan Hijau Sering Terjadi. Hal Ini Disebabkan Karena Ada Masalah Pada Bagian-Bagian Televisi yang Terkait dengan Warna, sehingga Televisi Mengalami Kerusakan Seperti Ini.

Dalam Kesempatan yang Lalu sudah dijelaskan terkait dengan Cara Memperbaiki Tv Warna Merah. Sedangkan Cara Memperbaiki Tv dengan Kerusakan Warna Merah dan Kerusakan Dominan Hijau Tidak Begitu Jauh Berbeda.

Lihat Juga : Panduan Premium Terlaris

Untuk Memperbaiki Tv dengan Kerusakan Seperti Dominan Biru Ada beberapa Bagian yang Menjadi sasaran Anda untuk Mencari Penyebab Kerusakan Ini Terjadi, yaitu Bagian Mesin Rgb, IC Croma, dan Tabung Televisi.

*******

Adapun Langkah-Langkah yang sebaiknya Anda Lakukan Ialah dengan Melakukan Penyolderan ulang Komponen Bagian Mesin Rgb, IC Croma. Kemudian setelah Itu Anda Melakukan Pengukuran Pada Masing-masing Katoda dan setelah Itu Mengukur Komponen satu persatu Pada Bagian Ini.

Lakukan Penyolderan Ulang Pada Bagian Rgb dan IC Croma

Langkah Pertama Ini sebaikinya Anda Lakukan sebab Solderan yang Jelek Dapat Menyebabkan Tv dengan Kerusakan seperti Ini. Saya Pernah Memperbaiki Tv dengan Kerusakan Persis seperti Ini dan setelah selesai saya solder ulang Bagian Rgb Alhamdulillah Tv sudah dapat Hidup Normal Kembali.

Ukur Tegangan Pada Masing-masing Katoda

Setelah Anda Melakukan Penyolderan Ulang Pada Bagian Mesin Rgb dan IC Croma Tv Belum Dapat Hidup Normal Kembal, Maka Langkah selanjutnya Ialah Anda ukur tegangan Pada Masing-masing Katoda R, G, B.


Anda Baca Juga: "cara memperbaiki tv sharp alexander mati standby"


Lanjut. Saat Anda mengukur tegangan, Bila Ada tegangan Pada Katoda tersebut yang Sangat Kurang Dari tegangan Normalnya sekitar 125 V Misalnya Hanya 50 V. 

Langkah Selanjutnya Anda Ukur satu Persatu Komponen Bagian Mesin Rgb Khususnya Resistor yang Satu Jalur dengan Katoda yang Tidak Normal tegangannya tersebut. Seringkali Komponen Ini Rusak yang Mengakibatkan Tv Rusak Dominan Hijau seperti Ini.


Lakukan Pengukuran Tegangan Pada Bagian IC Croma


Apabila Langkah-langkah yang disebutkan di Atas sudah Anda Lakukan Namun, belum Ada perubahan Pada Tv Tersebut Atau Warnanya Belum Normal selanjutnya Anda ukur tegangan di Kaki Atau Pin IC Croma.

Tegangan Normal Dari IC Croma sekitar 4 VDC Dimana tegangan Ini Akan diberikan Pada Transistor Penguat yang Ada di Mesin Rgb. Apabila tidak ada tegangan Pada Pin IC Croma tersebut. Biasanya IC Croma sudah dalam Kondisi Rusak.

Namun, Apabila Ada tegangannya. Selanjutnya coba Anda ukur tegangan Dari IC Croma tersebut Apakah sudah sampai di Kaki Basis transistor Penguat? Jika Belum Maka sangat Mungkin Ini Penyebabnya.



Anda Ukur Komponen disekitar IC Croma dan Anda ukur Komponen Transistor Penguat yang Ada di Mesin Rgb. Seringkali Transistor Penguat Ini Rusak yang Mengakibat Tv Rusak seperti Ini.

Apabila semua Langkah-langkah Di Atas sudah Anda Lakukan namun tv tetap tidak Normol berarti Tabung Tv tersebut sudah Rusak. Bisa Diperbaiki dengan Alat tembak Tabung.

Alat tembak Tabung Tv Bisa Anda Pesan di Toko elektronik terdekat Anda. Atau Anda Bisa Juga Pesan Langsung dengan saya dengan Harga yang Murah dan dengan Kualitas Mantab.

Cukup sampai disini Artikel yang Terkait tentang Warna Tv Dominan Hijau. Semoga Bermanfaat Bagi Anda semua. Apabila Ada Pertanyaan Bisa Tuliskan Di Kolom Komentar Di Bawah.

15 Responses to "Penyebab Warna tv dominan Hijau Dan Cara Ampuh Dalam Memperbaikinya"

  1. Kalo warna biru keluar saat tv d hidupin ..perbaikan sama..ic crome bentuknya kaya apa sblh mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. IC yang paling besar bentuknya mas dari IC yang lain. Letaknya ada di dekat jalur yang menuju mesin RGB

      Delete
  2. om kalau alat tembak tabung tv berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga berfariasi, kalau yg bagus kisaran 200Rb an

      Delete
  3. Saat menemukan tv dengan kerusakan seperti di atas, coba analisa seluruh bagian yang dicurigai penyebab tv rusak seperti ini.

    Bila semua bagus. Coba gunakan alat tembak tabung, bila belum berhasil juga sampai disini kita bisa simpulkan tabung sudah dalam kondisi lemah.

    ReplyDelete
  4. Kalo benerin di tukang service, Habis nya sampe berapa Ya? Dengan kerusakan seperti itu

    ReplyDelete
  5. Coba tampilkan alat tembak tabungnya mas, sekalian peragakan dan bagaimana cara memesannya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel