Cara Mudah dalam Memperbaiki HP Samsung yang Bootloop

cara unik memperbaiki hp samsung yang bootloop

Studi kasus cara memperbaiki hp Samsung bootloop. Smartphone diera yang sangat erat kaitannya dengan teknologi seperti sekarang ini seakan sudah menjadi kebutuhan dasar bagi sebagian orang.

 
Tampilannya yang modern dan ditunjang dengan berbagi fitur menarik di dalamnya membuat smartphone sangat disukai banyak orang diseluruh belahan dunia.

 
Namun, secanggih canggihnya smartphone (Android) pasti akan mengalami masalah. Masalah yang sangat umum terjadi pada hp android ialah “Bootloop”. Bootloop ini bisa terjadi pada hp Samsung, hp oppo, redmi 4x, Lenovo, Iphone 5, LG, LG g4, lg v10, Samsung J1 memang sedikit bandel, dan berbagai merk lainnya.

 
Bootloop merupakan kesalahan yang terjadi pada sistem android dengan ciri saat ponsel dihidupkan hanya terjadi booting secara berulang-ulang (Bootloop) bahkan terkadang ponsel mau hidup sebatas hanya tampilan smartphone.

 
Banyak faktor yang bisa menyebabkan masalah system seperti ini. Namun, secara umum penyebabnya karena kesalahan saat mendownload aplikasi ataupun disebabkan oleh virus yang menyerang system android Anda.

 
Sebelum masuk ke pembahasan inti cara memperbaiki HP dengan kerusakan yang seperti ini, ada baiknya kita mengetahui beberapa jenis tingkatan kerusakan yang diaktibatkan bootloop ini. 

 

Android Light Bootloop

 
Android Light Bootloop atau istilah bagi sebagian orang Bootloop tingkat ringan merupakan kerusakan yang umum terjadi, hal ini bisa disebabkan karena kesalahan saat menginstal aplikasi atau secara tidak sengaja Anda mengotak atik system android ponsel Anda.

 
Cara memperbaiki smartphone dengan bootloop seperti ini Anda bisa mulai dengan mematikan terlebih dulu ponsel Anda. Kemudian Anda mulai melepaskan kartu memori, sim card, dan baterai dalam ponsel samsung Anda.

 
Setelah itu Anda bisa istrahat sejenak menarik nafas dalam dengan penuh harapan bahwa cara ini bisa berhasil dan HP Anda akan kembali normal sehingga Anda tidak keluar uang banyak untuk memperbaikinya.
 

Biarkan HP Samsung Anda mati dalam waktu 30 sd 60 menit, setelah itu coba Anda hidupkan kembali biasanya jika yang jadi permasalahannya bootloop ringan cara seperti ini sudah cukup dan ponsel Anda sudah bisa normal kembali.

 
Bootloop Medium

 
Bootlop medium atau juga bisa disebut bootlop ringan disebabkan karena kesalah saat melakukan pengaturan pada menu recovery mode sehingga HP Samsung Anda bisa mengalami kerusakan seperti ini.



Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan cara seperti dalam mengatasi Android Hard Booting. Untuk Tutorialnya Anda bisa lihat dalam kesempatan berikutnya.

 
Android Hard Booting

 
Diantara jenis bootloop yang disebutkan di atas yaitu Bootloop dasar dan medium inilah yang bagi sebagian orang agak sedikit sulit mengatasinya karena ada beberapa sentuhan hangat  Anda untuk melakukan pengaturan factory reset atau dengan kata lain mengembalikan HP Samsung Anda pada pengaturan pabrik.

 
Untuk melakukan “Factory Reset” harus masuk ke recovery mode untuk melakukan sedikit pengaturan. Untuk masuk ke menu recovery mode antara merk dan jenis HP berbeda.

 
Sedangkan untuk ponsel Samsung Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE caranya tekan tombol “HOME + TOMBOL POWER” tekan secara bersamaan. 
 

Untuk HP Samsung Galaxy Young / Young Duos / Pocket /  Tekan tombol “HOME + VOLUME UP + POWER” kemudian setelah berhasil masuk ke menu Factory Mode.

 
Catatan, tombol volume saat  recovery mode berfungsi untuk mengarahkan  kursor  (+) Atas dan Bawa (-) dan tombol power untuk “mengeksekusi”.

 
Setelah masuk ke recovery mode selanjutnya arahkan kursor ke “wipe data/factory reset” dan tekan tombol power seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini:


Kemudian setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini lalu arahkan kursor pada Yes-delete all user data lalu tekan tombol power.

 
Setelah proses selesai yang ditandai dengan HP restart sendiri atau ada informasi berhasil selesai.

 
Apabila ponsel Anda tidak restart maka arahkan kursor ke opsi “reboot system now” lalu tekan tombol power.

Setelah proses ini selesai maka saat Hp Samsung Anda dihidupkan biasanya sudah normal kembali dan Anda bisa mulai melakukan pengaturan pada ponsel Anda.
 

Inilah beberapa teknik sederhana yang bisa Anda ikuti untuk mngatasi ponsel dengan kerusakan seperti ini. Cara memperbaiki HP Samsung Bootloop seperti ini sudah banyak yang ikuti dan berhasil, sekarang giliran Anda.

0 Response to "Cara Mudah dalam Memperbaiki HP Samsung yang Bootloop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel