Cara Mudah Dalam Memperbaiki Laptop Acer



Cara memperbaiki Laptop Acer - Bahagia rasanya jika Laptop yang kita gunakan bisa bekerja terus menerus tanpa ada kendala yang bisa membuat pekerjaan kita menjadi terganggu.
 
Tapi, seperti produk elektronik lainnya cepat atau lambat pasti akan menjadi rusak sehingga perlu sekiranya Anda mengetahui cara memperbaiki ataupun cara mengatasi laptop mati khususnya Acer.
 
Bagi teknisi yang sudah professional atau sudah memiliki jam terbang yang cukup tinggi mungkin akan lebih mudah dalam mengatasi.

Serta melakukan analisa kerusakan terkait penyebab laptop acer bisa mengalami kerusakan dan cara memperbaiki Laptop acer seperti ini.




Sehingga dengan kemampuan yang dimiliki ini akan lebih mudah mengetahui cara memperbaiki Laptop acer.


Namun, ini mungkin tidak berlaku bagi teknisi pemula “terlebih baru kali ini belajar cara memperbaiki Laptop Error” istilahnya coba-coba.
 
Tidak ada yang salah dan saya sangat salut dengan keberanian Anda, saya bangga dengan semangat yang Anda miliki.
 
Tidak bisa dipungkiri tuntutan hidup yang cukup berat dan harga bahan pokok yang kian hari terus meningkat ditambah tingkat pertumbuhan ekonomi yang belum begitu besar.
 
Ini semua membuat banyak dari sahabat semua memutuskan terjun menjadi seorang Teknisi elektronik guna mencari uang tambahan untuk biaya hidup sehari-hari bersama keluarga tercinta.

Ada beberapa jenis kerusakan mati yang terjadi pada Laptop, namun disini saya akan jelaskan hanya 2 (dua) karena ini yang sangat umum terjadi menurut pendapat saya pribadi.

2 (dua) diantarnya adalah sebagai berikut:

1. Laptop Mati Total

2. Laptop Mati karena tidak ada tampilan pada layar

Sebelum dibahas lebih lanjut terkait cara memperbaiki Laptop acer dengan kerusakan seperti yang tersebut di atas, saya berharap Anda telah lebih dulu memahami dasar-dasar elektronik.
 
Mulai dari mengenal komponen elektronik sampai cara mengukur tegangan. Tujuannya agar Anda lebih mudah dalam memahami isi dari materi “Khusus yang akan Anda ketahui sebentar lagi”.

Laptop Mati Total

Berbicara tentang Laptop mati total bukan hal yang menjadi rahasia lagi dikalangan para teknisi, dan jika Anda masuk ke forum-forum teknisi elektronik atau Anda masuk ke berbagai group teknisi elektronik sangat banyak yang membahas terkait kerusakan Laptop Acer yang mati total.

Khusus untuk kasus Laptop mati total disertai dengan ciri-ciri saat tombol on/off pada laptop Anda ditekan tidak ada tanda bahwa Laptop itu menyala.
 
Dengan kata lain walaupun tombol Anda tekan tidak menunjukan lampu indicator (Led) menyala.

Jika terjadi masalah seperti ini maka langkah selanjutnya adalah Anda pastikan dulu bahwa baterai laptop Anda dalam “kondisi bagus atau tidak rusak”.
 
Anda bisa mencoba meminjam baterai laptop teman Anda yang memiliki spesifikasi yang sama atau memiliki daya baterai yang sama.
 
Tujuannya agar saat Anda mengganti baterai laptop Anda dan Laptop Anda langsung on tidak mengganggu kinerjanya karena menggunakan baterai yang tidak sesuai spesifikasinya.
 
Namun, bila percobaan Anda diatas belum membuahkan hasil, tetap semangat jangan putus asa.
 
Ingat bahwa keberhasilan hanya akan bisa diraih oleh mereka yang terus melangkah dengan sikap pantang menyerah.

Kemudian setelah selesai melakukan pergantian baterai belum juga membuahkan hasil, maka selanjutnya Anda coba menghubungkan adaptor Anda ke Laptop. Istilahnya Anda charge laptop Anda. 

Apabila Lampu lindikator (Led) tersebut tidak menyala, bisa kita curigai bahwa adaptor laptop tersebut rusak.
 
Ini masih dugaan sementara ya. Berharap aja moga yang rusak benar-benar adaptornya karena lebih mudah dalam mengganti sparepart yang satu ini.
 
Untuk memastikan bahwa adaptor Anda yang sungguh-sungguh menjadi penyebab kerusakannya Anda bisa mengganti dengan adaptor yang sejenis dengan laptp Anda.
 
Namun bila Anda kesulitan mencari adaptor, cara lainnya ialah dengan melakukan pengukuran tegangan pada adaptor Anda.
 
Tegangan yang terdapat mencapai 19 vdc. Jadi saat mengukur tegangan harus mencapai tegangan ini ya.
 
Cara mengukur tegangan bisa Anda lihat dalam gambar di bawah ini:
 

Jika sudah selesai mengukur tegangan pada adaptor dan dipastikan adaptor itu sudah dalam keadaan rusak, ganilah dengan yang baru harganya bervariasi tapi setahu penulis ada yang kisaran Rp. 250.000,-.
 
Cari adaptor yang ORI karena kualitasnya lebih mantab meskipun harga mungkin agak sedikit mahal tapi menggunakan baterai yang bagus bisa menjaga kinerja lptp Anda.

Bila adaptor Anda bagus dan saat Anda hubungakan ke Laptop Anda namun lampu indikatornya tetap tidak menyala, seringkali yang menjadi penyebabnya karena jack konektor laptop tersebut rusak.

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah melepaskan casing lpt Anda secara berlahan, perhatikan setiap baut yang ada. Gunakan wadah untuk menyimpan baut-baut Anda.
 
Tujuannya agar setelah memasang kembali casing Anda tidak kesulitan lagi mencari baut casing tersebut.
 
Apalgi sampai masuk dibawa ranjang hanya untuk mencari baut yang ukuranya sangat kecil itu.
 
Seperti mencari permata di dalam butiran pasir yang tingginya menyerupai gunung. Iya sih kalau yang namanya permata, di dalam Lobang ANU saja kalau bisa dicari kemungkinan besar akan dicari tapi inikan Cuma baut brow.

Ada juga tips dari saya saat Anda keslitan membuka casing jangan paksakan dicungkil ya, jangan sampai susah dicungkil karena masih ada baut.
 
Kalau tetap paksa dicungkil juga ternyata masih ada baut disitu siapkan pendengaran Anda karena sebentar lagi akan Anda suara “PRAKKK…PRAKKK” suara retak.
 
Baik lanjut ya. Untuk memastikan bahwa konektor benar-benar rusak ukur tegangannya pastikan tegangan ada sekitar 19v.
 
Sebelum mengukur tegangan Anda bisa juga melakukan penyolderan ulang pada bagian konektor Anda.
 
Kondisi timah yang sudah tidak bagus dapat menjadi penyebab laptop Anda tidak bisa bekerja dengan baik.
 
Akan tetapi bila Konektor dalam kondisi bagus bisa kita pastikan ada komponen bagian motherboard yang mengalami kerusakan.
 
Mengatasi hal ini butuh keahlian khusus, baik keahlian dalam menganalisa tegangan pada bagian-bagian motherboard, keahlian mengangkat komponen dalam mesin, sampai keahlian dalam menggunakan tools.
 
Jadi kesimpulannya, bawalah laptop Anda ke teknisi yang benar-benar sudah professional dan terbukti kemampuannya.
 
Tips untuk mendapatkan biaya servis murah ialah, datanglah kesana dengan wajah-wajah sederhana, berpakaian sederhana, kalau bisa pakai motor tempo delue meskipun sebenarnya Anda punya “Kawasaki di rumah”.
 
Jelaskan dengan lembut permasalahan laptop Anda. Jangan sok tau atau terkesan mengajari teknisi karena ini bisa meledakan biaya jasa servis Anda, bila teknisinya naik darah.
 
Jelaskan saja dengan santun karena dengan kelembutan Anda biasanya tuser akan senang dan mera hibah dengan Anda.
 
Paling tidak Anda bisa dapat diskon special seperti Hari Raya, mantabkan. Dalam postingan selanjutnya akan dibahas terkait cara memperbaiki Laptop Mati karena tidak ada tampilan pada layar.
 
Laptop Mati karena tidak ada tampilan pada layar

Dalam kasus kerusakan laptop seperti ini baik laptop acer, asus, Samsung, maupun Toshiba ciri-cirinya adalah saat laptop coba Anda hidupkan lampu indicator menyala.

Suara kipas or Fan laptop tersebut terdengar sudah bekerja akan tetapi permasalhannya tidak ada tampilan pada layar.

Tampil hanya blank hitam saja. Penyebabnya bisa karena layar LCD lapt Anda sudah rusak, terjadi masalah pada BIOS, masalah pada RAM, dan masalah pada motherboard.

Untuk memperbaiki kasus kerusakan seperti ini bisa dibagi menjadi 3 Bagian penting:

1. Analisa kerusakan pada RAM laptop Anda

Kondisi RAM laptop Anda yang sudah tidak bagus, posisi RAM yang terpasang pada motherboard yang kurang tepat bisa menjadi pemicu kerusakan lptop acer seperti ini.



Dulu pernah membuka RAM notebook untuk menambah RAM di dalamnya saat dipasang kembali notebook mengalami masalah pada layarnya “Balnk”. Saya perbaiki dudukannya dan Alhamdulillah bisa normal kembali.

2. Analisa Bagian Layar Laptop Anda

Kerusakan seperti ini bisa disebabkan karena LCD Anda sudah rusak atau komponen yang terkait dengan LCD Anda ada yang rusak misalnya inverter.
 
Hal ini membutuhkan sedikit keahlian untuk melepaskan dan melakukan analisa kerusakannya.

Akan tetapi sebelum memfonis bahwa inverter or layar laptop Anda yang rusak, Anda bisa coba menggunakan layar eketernal bisa dengan menggunakan layar computer.
 
Jika saat Anda hubungkan dan langsung muncul tampilan pada layar tersebut, sudah sangat jelas bahwa terjadi masalah pada layar lptop Anda.

3. Masalah system Bios yang terjadi pada Laptop Anda

Jika terjadi masalah pad system Bios maka system dalam lapt Anda tidak akan bisa bekerja secara optimal.
 
Hal ini bisa menyebabkan lptop Anda mengalami kerusakan seperti ini, dan untuk mengatasinya Anda bisa lakukan dengan cara seperti sebagai berikut:

1) Matikan Laptop Anda dan lepaskan adaptornya
 
2) Cabut baterainya
 
3) Tekan tombol on/off sekitar 20 detik tujuannya untuk menguras seluruh baterai CMOS
 
4) Hidupkan laptop Anda tanpa baterai atau hanya menggunakan adaptor saja.

Cara di atas adalah teknik untuk mengatur ulang Bios Anda. Gunakanlah cara di atas dengan baik dan benar dan biasanya Laptop Anda sudah bisa hidup normal kembali.


4. Analisa bagian motherboard


Apabila cara diatas semua sudah Anda lakukan sudah sangat jelas bahwa kerusakannya memang ada pada bagian motherboard.

Penyebabnya bisa karena CPU yang rusak maupun komponen lainnya. Saran dari saya Anda bisa membahwa laptop Anda ke teknisi Laptop yang Anda percaya.
 
Apa yang dijelaskan dalam postingan ini sudah sangat banyak dibahas di blog-blog baik yang berbahasa inggeris maupun berbahasa Indonesia.

Banyak juga yang membahas di forum diskusi seputar elektronika maupun di group-group yang ada di facebook maupun media sosial lainnya.




Cara memperbaiki Laptop acer di atas benar-benar sudah terbukti dalam menyelesaikan kerusan laptop tersebut.

Besar harapan penulis penjelasan di atas bisa menambah Insight Anda sehingga Anda bisa memiliki gambaran yang luas terkait cara memperbaiki laptop acer ataupun cara mengatasi laptop mati. Sukses selalu untuk kita semua.

0 Response to " Cara Mudah Dalam Memperbaiki Laptop Acer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel