Cara memperbaiki Tv yang Warnanya Hitam Putih

Cara Memperbaiki Tv yang Warnanya Hitam Putih, Sebenarnya Tidak Begitu Jauh Berbeda dengan Cara Memperbaiki Tv Warna Merah. Sebab, yang Menjadi Objek Analisa Kerusakan seperti Ini Ialah Bagian Mesin Rgb dan Bagian IC Croma.

Kerusakan Tv yang Tidak Ada Warnanya Atau Hitam Putih seringkali terjadi, sedangkan Cara memperbaikinya sebenarnya Tidak Begitu Sulit Jika Anda memahami Caranya. Ciri Khusus Dari Kerusakan Tv seperti Ini Ialah, Tv Dapat Hidup dan Suara Ada Namun Kekurangannya Televisi tersebut Tidak Ada warnanya.

Adapun Langkah-Langkah yang Bisa Anda Lakukan Dalam Memperbaiki Tv tersebut Ialah dengan Menyolder ulang terlebih dulu Komponen Bagian Mesin Rgb dan IC Croma. Setelah Itu, Anda ukur tegangan bagian Rgb dan coba periksa satu Komponen Bagian Rgb dan Ic Croma.

Khusus Untuk Anda yang Bersungguh-sungguh Ingin Mempermantab Kemampuannya Dalam melakukan Perbaikan Televisi Tabung yang Rusak, Anda Bisa Miliki Panduannya di Panduan Premium.

Lakukan Penyolderan Ulang Komponen Bagian Mesin Rgb

Langkah Pertama Solder Ulang Komponen Bagian Rgb dan IC Croma, siapa Tau Komponen Bagian Ini solderannya sudah Tidak Bagus sehingga Tv Rusak Seperti Ini.

Analisa Kerusakan Bagian Rgb

Apabila Anda telah Menyolder Ulang Bagian-bagaian yang disebutkan di atas, Maka Langkah selanjutnya Coba Anda Lakukan Pengukuran Pada Masing-masing Katoda R, G, B, yang Ada di Mesin Rgb. Tegangan Normal Dari Masing-masing Katoda Ini ialah sekitar 125 VDC.

Apabila Ada Tegangan yang Kurang Misalnya 50 V Atau Nol Volt coba Anda ukur satu persatu Komponen Bagian Mesin Rgb Khususnya Resistor, Transistor, Maupun elco. Bila semua dalam keadaan Baik coba Anda telusuri tegangan sumber Dari Masing-masing Katoda tersebut.

Tegangan sumbernya berasal Dari Flyback. Tepatnya di Pin 185 V. Apabila Ada tegangan Katoda yang Menjadi Nol Volt, sedangkan tegangan sumbernya 185 V Ada tegangannya coba Anda periksa Komponen dari Pin 185 V Menuju Mesin Rgb biasanya Ada yang Rusak.

Analisa Kerusakan Bagian IC Croma

Apabila tegangan Di Mesin Rgb Normal semua. Coba Anda Periksa satu persatu Komponen Bagian IC Croma. Jika IC Croma tersebut terdapat Komponen Delay Line coba Anda periksa Komponen Ini. Sebab, apabila Komponen Ini Rusak, Maka Televisi Bisa Mengalami Kerusakan seperti Ini.

Anda periksa juga Komponen X’Tal. Seringkali Bagian IC Croma Ada Komponen yang Rusak sehingga mengakibatkan Kerusakan Tv seperti Ini. Semoga Postingan yang terkait tentang Cara memperbaiki Tv yang Warnanya Hitam Putih Bisa Bermanfaat Untuk Anda.


Anda Baca Juga Artikel Terkait:


5 Responses to "Cara memperbaiki Tv yang Warnanya Hitam Putih"

  1. Tv saya Toshiba lcd gamvarnga over brighness ,mau nanya nih Gan ! Apanya yang salah dengan tv nya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Tv saya LG lcd tiba2 warna nya hitam putih . Gmna cara memperbaiki biar bewarna LG yah gan .. trims

    ReplyDelete
  3. Tv saya sharp gambar tak berwarna dan seperti ada kilat pada gambar .tolong bantu untuk mencari kerusakan nya ..thks.

    ReplyDelete
  4. Tvsaya pamasonic tabung21"warna berubah jadi hitam putih mohon bantuannya

    ReplyDelete
  5. Tv saya sanyo, wrna jd hitam putih mhon solusinya 🙏

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel