Cara Ampuh Dalam Mengatasi HP yang Hang


Cara mengatasi Hp hang - Kecanggihan smartphone (Android) yang sungguh diagungkan oleh banyak orang di dunia dengan sejuta fitur menarik yang terdapat di dalamnya.
 
Namun, sehebat apapun kecanggihan yang dimiliki oleh ponsel smartphone pasti akan mengalami kerusakan.
 
Kerusakan ini beragam bentuknya, mulai dari kerusakan ringan hingga yang terberat sekalipun.
 
Umumnya kerusakan ponsel android yang umum terjadi adalah kerusakan yang terjadi pada software maupun hardware.
 
Contohnya dalam studi kasus kerusakan yang terjadi pada ponsel yang hang atau lag sehingga menyebabkan kinerja ponsel Anda menjadi terganggu.
 
Biasanya ciri ponsel yang rusak seperti ini disebabkan oleh pemakaian yang terlalu lama hingga menyebabkan hp menjadi panas.

Baca Juga: Cara Mudah dalam Memperbaiki HP Samsung yang Bootloop
 
Memang terkadang yang “berbau panas-panas itu tidak mengenakan” meskipun ada juga panas yang enak bahkan di cari-cari banyak orang. Panas apakah itu ?
 
Penulis harap Anda hanya menjawabnya di dalam Hati jangan keras-keras. Seperti itupun yang terjadi pada ponsel android jika terlalu panas.
 
Bisa mengakibatkan hang atau lag pada smartphone Anda. Untuk itu Anda sebaiknya menggunakan ponsel Anda dengan bijaksono.
 
Sebab jika Anda tidak menggunakannya dengan bijaksana maka kerusakan hp Anda akan membijaksanakan Anda sehingga bisa membuat Anda pusing.

Tips mengatasi HP Android Anda agar tidak Hang atau Lag
 
Mencegah lebih baik dari mengobati Anda mungkin pernah dengar pantun ini, maaf maksud saya pribahasa ini.
 
Ini berlaku juga pada ponsel Anda. Ada baiknya Anda tidak menggunakan smartphone Anda terlalu lama hingga menyebabkan hp Anda jadi lag.

Tidak menggunakan smartphone Anda terlalu lama

Pemakaian ponsel Anda yang terlalu lama bisa mengakibatkan kerusakan serius terjadi pada Hp Anda dan ini sudah sangat sering terjadi.
 
Perangkat elektronik apapun itu baik Hp, tv, dan berbagai perangkat elektronik lainnya jika digunakan terlalu lama bisa berakibat fatal. Sehingga ada baiknya Anda mengetahui cara mengatasi hp hang.

Baca Juga: Cara Ampuh memperbaiki HP Nokia yang Rusak Blank

Meskipun ada beberapa perangkat elektronik memang didesain dengan teknologi super dahsyat sehingga bisa bekerja dalam kondisi yang panas sekalipun.
 
Pemakaian yang terlalu lama pada Hp Anda bisa mengakibatkan prosessor dalam ponsel Anda menjadi panas.
 
Akibatnya, ponsel Anda bisa cepat rusak. Gambaran sederhananya smartphone yang sebenarnya bisa Anda gunakan 3 sd 4 tahun harus rusak dalam waktu 2 tahun.

Instal Aplikasi seperlunya

Biasanya karena melihat aplikasi yang bagus lantas membuat kita penasaran dan ingin segera mengunduh aplikasi tersebut tanpa mempertimbangakan memori dalam ponsel Anda.
 
Seringkali hal ini menjadi sebab terjadi lag pada ponsel Anda, karena tidak sesuai dengan spesifikasi yang terdapat dalam ponsel Anda.

Jangan menggunakan Live wallpaper

Meskipun menggunakan Live wallpaper bisa memperindah layar smartphone Anda, tapi yakinlah itu hanya keindahan semu Sahabat.
 
Karena menggunakan Live wallpaper dapat memperburuk kinerja ponsel Anda sehingga menyebabkan hp Anda menjadi hang atau Lag.
 
Gunakanlah live wallpaper yang biasa aja meskipun biasa keindahannya dapat membuat suasana hati Anda menjadi tenang.
 
Seakan Anda berada ditaman-taman bunga yang berwarna-warni seperti pelangi yang hadir dikala hujan menyapa dengan sejuta pesona indah di dalamnya.
 
Bapak ko puitis amat, hemm… puitis sih gak, maksud saya gk parah-parah amat ya. Oky lanjut. Jadi seperti itu ya sebaiknya tidak menggunakan Live wallpaper.

Uninstal aplikasi yang tidak perlu
 
Dengan kata lain sebaiknya Anda menguninstal aplikasi yang tidak perlu karena bisa mempermantab system kerja smartphone Anda dan ponsel Anda bisa lebih cepat lagi kinerjanya.

Hapus Cache yang berlebihan


File sampah atau yang dikenal dengan Cache dapat menumpuk pada memori internal Anda.
 
Semakin banyak File sampah ini maka kinerja Hp Anda akan semakin lambat dan hal ini bisa menjadi sebab Hp Anda menjadi Lag or Hang.
 
Anda bisa menghapus Cache ini dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi yang mendunia yang satu ini “Clean Master”.


Baca Juga: Cara Ampuh memperbaiki HP Oppo yang Mati Total
 

Itulah beberapa tips yang penulis sampaikan kepada Anda pada kesempatan ini. Apabila langkah tips di atas belum membuahkan hasil maka lakukan factory reset.

Untuk melakukan “Factory Reset” harus masuk ke recovery mode untuk melakukan sedikit pengaturan. Untuk masuk ke menu recovery mode antara merk dan jenis HP berbeda.
 
Sedangkan untuk ponsel Samsung Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE caranya tekan tombol “HOME + TOMBOL POWER” tekan secara bersamaan. 
 
Untuk HP Samsung Galaxy Young / Young Duos / Pocket /  Tekan tombol “HOME + VOLUME UP + POWER” kemudian setelah berhasil masuk ke menu Factory Mode.
 
Catatan, tombol volume saat  recovery mode berfungsi untuk mengarahkan  kursor  (+) Atas dan Bawa (-) dan tombol power untuk “mengeksekusi”.
 
Setelah masuk ke recovery mode selanjutnya arahkan kursor ke “wipe data/factory reset” dan tekan tombol power seperti yang terlihat dalam gambar di bawah ini:


Kemudian setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini lalu arahkan kursor pada Yes-delete all user data lalu tekan tombol power.

 

Setelah proses selesai yang ditandai dengan HP restart sendiri atau ada informasi berhasil selesai.
 
Apabila ponsel Anda tidak restart maka arahkan kursor ke opsi “reboot system now” lalu tekan tombol power.

Setelah proses ini selesai maka saat Hp Samsung Anda dihidupkan biasanya sudah normal kembali dan Anda bisa mulai melakukan pengaturan pada ponsel Anda.



Cara yang sudah penulis sebutkan di atas sungguh-sungguh sudah terbukti bisa mengatasi masalah ponsel seperti ini.

Namun, bila semua cara yang tersebut di atas sudah Anda coba dan belum juga membuahkan hasil, kemungkinan kerusakan bukan terjadi pada software melainkan hardware ponsel Anda.

Inilah beberapa teknik sederhana terkait cara mengatasi hp hang yang bisa Anda ikuti untuk mngatasi ponsel dengan kerusakan seperti ini. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Ampuh Dalam Mengatasi HP yang Hang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel