Cara Mudah Mengatasi kerusakan tv polytron Model slim

kerusakan tv polytron slim

Kerusakan Tv Polytron Slim Sangat sering di Jumpai oleh Para Tuser. Sedangkan Jenis Kerusakan yang didapatkanpun Juga Berbeda-Beda.

Untuk Itu Dalam Kesempatan Kali Ini Saya Akan coba Menuangkan Kepada Anda Sahabat sekalian Sebuah Informasi yang sangat Mantab Ini.


 
Lihat Juga "Tutorial servis tv [Premium]"

 

Disini Saya Akan Menuliskan Contoh Kasus yang dialami Langsung Oleh Para Tuser Dalam menangani Kerusakan Tv Polytron Slim, Serta Solusi Dalam Memperbaikinya Agar Kedepan Anda Bisa Ikuti dan Memudahkan Anda dalam memperbaiki Kerusakan Tersebut.


Kerusakan Tv Polytron Slim Protek
 
sering kita jupai kasus. kerusakan protek yang terjadi pada tv polytron khususnya crt, disini ada tips sebelum membongkar tv tersebut, yang protek, dengan cara, kita hidupin tv dengan posisi stnby, terus di remot kontrol kita tahan tombol, menu sampai tv setar, nah di situ kita akan lihat, kerusakanya apakah di elco biasa di vertikal atau. ic vertikalnya yang mati, kan. lebih mudah untuk menganalisa kerusakanya khususnya untuk tv polytron,
itu cuma sedikt tips yang saya lakukan kalau menemui kasus protek. pada tv polytron mudah mudahan, bisa ber manfaat.



 
Kerusakan: tv stby, Led berkedip cepat merah biru secara bergantian

Gejala: jika fbt diopen, vcc b+ over. apabila tegangan b+ fbt dipasang vcc drop sampai 80vdc maka Solusi: setelah saya tanya diforum ini, Katanya kasus masih diregulatornya. Dan benar saja, Setelah pergantian PC 817 tv bisa hidup normal walaupun PC yg sebelumnya terukur normal Catatan: ini penutupan kasus yang sempat saya tanyakan beberapa hari yang lalu, dan maaf saya cari2 tidak ketemu dikarenakan postingan baru sangat banyak. SEKIAN dan trimakasih HITEK

Layar dipenuhi garis-garis horizontal

Assalamu'alaikum wr.wb
 
Dapat servicean tv polytron ultra slim 29 inchi model PS30UV22 layar dipenuhi garis-garis horizontal, buka box tv & biasanya daerah kerusakan di blok vertikalnya sedangkan komponen utama tv inimenggunakan STV 9325 sebagai vertikal outputnya langsung aku ganti dngn type lain AN5522 tdk lupa chek komponen Capasitor didapati C409 & C410 rusak juga.




Polytron Slim (Ps52sv53) Hanya Garis Vertikal

Dapet panggilan service ke daerah Prada surabaya, memperbaiki tv Polytron slim (PS52SV53) kondisi gambar hanya garis vertikal (Dari atas ke bawah) suara Normal. segera bongkar tv. pemeriksaan dilakukan pada daerah horisontal. pengukuran dengan Avo meter kondisi Elco-elco normal. sempet bingung . 

Tetapi setelah browsing ke bah google ,kemungkinan kerusakan pada Capasitor non polar dengan nilai 390 n/ 250v. saat diukur menggunakan multitester kapaitor kondisi normal seperti teori nya (Jarum tidak bergerak sama sekali) tetapi pikir saya kemungkinan putus. langsung saja saya ganti kapasitor tersebut.
 
Setelah selesai TV dipasang kembali dirapihkan... dan di test. Alhamdulillah Mesin Normal kembali. Namun setelah ditunggu beberapa menit dilayar ada terlihat garis-garis horisontal.... Wah... masalah baru nih.... sampai postingan ini diterbitkan, kerusakan layar belum saya selesaikan untuk masalah vertikal. nanti disambung... Insya Allah... Soalnya pembayaran tertunda dari konsumen (nunggu beres kerjaan dulu) he...he.... Berikut Kapasitor yang diganti (Kerusakan Layar hanya bergaris vertikal).




TV Polytron Slim 21 kerusakan Channel Pindah Sendiri 

TV Polytron Slim 21 kerusakan Channel Pindah Sendiri tapi setelah diperhatikan ternyata tombol AV yang koslet. Jadi abila di on tv akan berpindah ke posisi AV - Radio dan Channel. Kata empunya tv habis kena bocoran air hujan. Setelah dibongkar ternyata ni tv sudah bekas dioprek juga tapi gagal, mungkin IC rusak dan susah nyarinya atau masih ragu takut gagal ganti IC.
 
Coba lepas tombol panel, lha kok masih sama. Ukur tegangan pin KEY IC HBT 01 - 05G ada 4v dan berdenyut seiring bergantinya AV-Radio-tv. Lalu Coba panasi dengan blower dengan baik. Cuci karo tiner anger. Saat otak mulai lelah berpikir, iseng2 bypass pin key dgn C 1n ke ground lha maknyus tv wes ra ngadat maneh... lha nopo kaya kuwi ya embuh lah sing penting tvne wes dadi.. mudah2an bermanfaat.
 
Kerusakan: televisi standby, Led kedip cepat merah biru bergantian
 
Gejala: jika fbt diopen, vcc b+ over. Apabila tegangan b+ fbt dipasang dan vcc drop sampai 80vdc Solusi: setelah saya tanya diforum ini, Katanya kasus masih diregulatornya. Dan benar saja, Setelah pergantian PC 817 tv bisa hidup normal walaupun PC yg sebelumnya terukur normal Catatan: 

Kerusakan susah dihidupkan di pancing2 kadang baru hidup

ketemu caljob tv polytron slim type 52UV03M ic vertikal LA 78141 flyback bsc 25-0223N STR 7N65C tr hor D5024 ic audio TDA 7266 dengan kerusakan susah dihidupkan di pancing2 kadang baru hidup dan setelah dilakukan solder ulang dan penggantian elco 1 mf/50 v 2 buah dan elco 100mf /35 v akhir nya tv bisa hidup kembali ..awal nya sempat bingung tp prediksi biasanya bagian elco vertikal atau elco teg driver 50 v trnya tebakan saya benar.

 
Kerusakan lampu indikator kedip2 dan berpindah dr biru ke merah,terus2an,,meskipun di biarkan lama tetap gak bisa start

Ciri kerusakan saat dinyalakan lampu indikator kedip2 dan berpindah dr biru ke merah,terus2an,,meskipun di biarkan lama tetap gak bisa start,,berhubung tv baru buka segel dan solderan banyak yg retak,,solder ulang semua,,lalu iseng2 selanjutnya coba Anda colok kabel ac lalu sakelar dihidupkan.. crraakk,,lohhh kok cling,,rejeki bln romadhon mngkin..Hehehe Tp dlm pikiran msh blm afdol rasanya Klo gak di cek elko2 nya..coba cek elko2 ..ternyata alhamdulillah tak ada yg kering dan yg di korupsi,,
 
Coba running sekitar 3 jam jikad tidak ada masalah,,bungkus.. Dg gejala kerusakan saat di on ada bunyi ciiiitttt,,dlm pikiran,,hemzz pasti Tr horizontal short..bongkar tv lalu cek fisik ternyata ada elko 250v 2,2uf mlembung..cek Tr horizontal ternyata benar short,,setelah coba ganti Tr hor dan elko td coba colok,saklar on..crrakk tv sudah start..

Alhamdulillah, coba Anda lihat di layar...lohhhh dpt bonus cuma garis vertikal,,,hemzz.curiga bagian horizontal blm beres...seperti kabel yoke gak konek salah 1,,coba cek ternyata aman,solderan juga aman...hemzz,,cek R tak ada yg putus,,curiga di Cmylar .. dan ternyata itu benar kapasitor dengan kode C801 yg harusnya nilainya 270n aq lepas,,cek ternyata cuma terukur 1n lebih,,cari2 di kotak tak ada,,cari2 di mesin2 bekas juga tak ada,,akhirnya pengakalan pun terjadi,,hehehe

Coba Anda pakai dengan type 334(330n) gambar sebelah kanan kurang lebar dikit..niat hati pingin sermode..ternyata tak ada menu Hsize,..haduhh,cari2 lagi di mesin akhirnya ketemu 254(250n)coba pasang..eh gambar agak terlalu lebar dikit masih kurang puas, cari-cari lagi akhirnya ketemu 223(22n),,langsung saja aq paralel kan..total 272nano..aslinya kan 270nano,,selisih sedikit Gpp...setelah paralel coba lihat gambar alhamdulillah lebar kiri kanan sudah pas...
 
Ps:C mylar yang ini bukan C damper ya, yg letaknya di collector kaki Tr horizontal..tp C umpan balik...beda dg C damper.. Klo C damper nilai di perbesar maka gambar akan melebar,,tp Klo di per kecil akan mengecil gambar kiri kanan nya,,
 
Berbeda dg kapasitor umpan baliknya, kalau di perbesar nilainya maka gambar akan mengecil kiri kananya,,terlebih sebelah kanan..tp Klo di perkecil nilainya gambar malah melebar,,
Semoga bermanfaat.

***
 
Sebenarnya Masih sangat banyak Jenis Kerusakan Tv Polytron Slim, Namun dalam kesempatan ini hanya Ini yang Dapat saya sebutkan Dalam Kesempatan Ini. Semoga Bermanfaat Untuk Anda semua. Apabila Anda Bersungguh-sungguh Ingin Meningkatkan Kemampuan Anda dalam Reparasi Tv Tabung yang Rusak Anda Bisa pesan sekarang juga.

3 Responses to "Cara Mudah Mengatasi kerusakan tv polytron Model slim"

  1. Tv polytron slim 21 inch tegangan B+ 116v tp kaki flyback lainya tidak ada tegangan ic vertical tidak bekerja kira2 yang rusak komponen bagian mana ya mohon penverahan terimakasih,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel