Cara Mudah Dalam Mengecek IC Vertical yang Rusak


Cara mengecek Ic vertical yang rusak - Informasi yang Anda Peroleh Kali Ini sangat Baik Untuk Anda Ketahui. Sebab, Informasi seperti Ini sangat di Nantikan oleh Mereka Khususnya Teknisi Pemula yang Belum Begitu Memahami Cara Mengecek Ic Vertikal yang Rusak Atau Tidak.

Seperti yang di Ketahui Bahwa Bagian Vertikal Dalam Tv sangat sering Mengalami Kerusakan. Sehingga, sangat Tepat Mengapa Pada Postingan sebelumnya Saya Membahas Terkait Kerusakan Tv Bagian Horizontal. Sebab, Kerusakan Seperti Ini Mungkin Akan sangat sering Nantinya Anda temukan Ketika memutuskan Untuk Menjadi Tuser Tv Tabung yang Rusak.

Lihat Juga : Panduan Premium Terbaik

Dalam Kesempatan Kali Ini Saya Akan Coba Menjelaskan Beberapa Langkah yang Bisa Anda Lakukan untuk Mengecek Apakah Komponen Bagian Vertikal Rusak Atau Tidak.

Anda Baca Juga Artikel Terkait: Cara Memperbaiki Tv Bergaris Verikal

*** 
Saat Tv Pertama di Hidupkan coba Anda Pegang Pendingin IC Vertikal Tersebut

Ini Cara yang terbilang cukup Mudah Namun bisa mendeteksi Apakah Ic Vertikal Rusak Atau Tidak. Pada saat Tv pertama Kali ON IC Vertikal seharusnya Tidaklah begitu Panas. Tapi, bila Anda pegang Pendingin IC tersebut terasa begitu sangat-sangat Panas Sangat Mungkin IC Tersebut Rusak

Ukur Tegangan Pada Vcc IC Vertikal

Langkah selanjutnya Untuk Mengetahui apakah IC Vertikal tersebut rusak atau tidak yaitu Dengan Mengukur tegangan di Pin Vcc (B+) Ic Vertikal. Tegangan Pada Pin Ini sekitar 24 VDC yang sumbernya Dari Flyback Pin 24 V.

Saat Anda melakukan pengukuran tidak Ada tegangan coba selanjutnya Anda Lepaskan Pin Vcc atau B+ Ic Tersebut. Bila Saat Anda lepaskan Ada tegangan terukur, sangat Mungkin Ic Vertikal tersebut sudah Rusak.

Perhatikan Body Ic Vertikal

Langkah selanjutnya Anda Perhatikan Body Ic Vertikal dan Tolong Jangan Perhatikan Body selain Ic Vertikal (Body Cewe yang Biasa Lewat dipinggir Jalan :) Tidak Boleh). Ok Lanjut. Apabila Saat Anda Lihat Body Ic Vertikal sudah Retak, Hangus, Atau Terbakar seperti yang Anda Lihat Pada Gambar Paling Atas. Selanjutnya, segeralah Anda Ganti IC Tersebut dengan Type yang sama.

Anda Baca Juga Artikel Terkait: Cara servis Tv yang mudah

******* 

Ukur Tegangan Output Ic Vertikal

Sebenarnya saya Hampir saya Menutup Artikel Ini Sampai dengan Langkah Ketiga. Namun, Karena Saya Anggap Informasi Ini Penting dan Saya Ingin memberikan Informasi yang bermanfaat untuk Anda saudaraku Muslim, Saya Coba Kembali Meluangkan Waktu Menyampaikan Ini.

Anda ukur Output Ic Vertikal. Tegangan Pada Pin Ini sekitar 16 VDC Apabila Anda ukur B+ Vertikal Ada Tegangannya dan tegangan dari Oscillator yang Ada di IC Croma Juga sudah sampai di Pin Ic Vertikal Namun, Ic tersebut tetap Tidak Ada tegangan Outputnya, Sangat Sangat Mungkin Ic Vertikal tersebut sudah Rusak.

Semoga Sajian Kali Ini yang terkait Cara mengecek ic vertical yang rusak Bisa Bermanfaat Bagi Anda Semua. Apabila Ada Pertanyaan Bisa Tuliskan Dalam Kolom Komentar Di Bawah.

9 Responses to "Cara Mudah Dalam Mengecek IC Vertical yang Rusak"

  1. Maap saya pemula om...ijin bertanya...yg dimaksud pin bcc ic vertikal itu dimana tempatnya & apakah keadaan tv harus terhubung listrik swaktu mengecek y...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pin VCC atau B+ itu input tegangan yang berasal dari flyback sekitar 24 vdc.

      Jadi agar ic vertikal bisa berfungsi itu membutuhkan supply tegangan sebesar itu.

      Letak vcc atau b+ ic vertikal berbeda beda antara ic satu dan lainnya.

      Untuk memudahkan Anda mengetahui di pin atau di kaki mana pin vcc Anda bisa lihat datasheet ic tersebut.

      Anda benar mas cara ceknya dalam keadaa tv dialiri arus listrik atau dalam keadaan hidup.

      Delete
  2. Sangat bermanfaat pak thx ya ktemu juga .. Ic chroma yg msalah haha

    ReplyDelete
  3. Mau tanya kalo dari tegangan 24v tidak ada dari flayback gimana om? Pin vcc udah saya lepas. Makasih

    ReplyDelete
  4. Klw tidak ada tegangan ke yuk bagian vertikal kira2 apa nya bang.? makasih

    ReplyDelete
  5. Ga ada yg jawab setiap tanya vcc +12v dn -12v polytron u slim buat vertikal dari fbt tidak keluar

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel