Kumpulan Kerusakan TV dan cara Ampuh dalam Memperbaikinya

kerusakan tv

Kerusakan TV -  Assalamu’alaikum, Sahabat semua. Seperti yang kita ketahui bahwa televisi memiliki jenis kerusakan berbeda.

Terkadang, antara merk yang satu dan merk lainnya memiliki kerusakan yang sama. Sebagai contoh kerusakan yang terjadi pada televisi Toshiba dan tv sanyo yang mati standby.

Adapun cara memperbaiki tv Toshiba mati standby tidak begitu jauh berbeda dengan cara memperbaiki televisi sanyo yang rusak standby.

Selain itu ada juga kerusakan tv yang mati total atau matot seperti yang terjadi pada tv china dan Samsung.

Sedangkan cara servis tv china dan cara memperbaiki tv Samsung yang mati total tidaklah jauh berbeda. Untuk itu di pagi yang cerah ini aku akan coba memberikan beberapa “cara yang sudah teruji” terkait cara memperbaiki tv Toshiba dan tv sanyo yang mati standby.



Baca Juga : Cara Terbaik Dalam Belajar Servis Tv Tabung

Begitu juga dengan tv china dan tv Samsung yang mati total. Tujuannya agar kedepan Anda bisa lebih mudah servis tv china dengan kerusakan seperti ini ataupun cara meperbaiki tv Samsung yang mati total seperti yang akan aku jelaskan selanjutnya.

Cara Ampuh dalam memperbaiki tv Toshiba standby
 

Ciri dari kerusakan tv Standby (protek) ialah tv Toshiba mau start sebentar lalu kemudian mati stby. Untuk teknik dalam reparasi tv seperti ini sebaiknya Anda melakukan analisa ataupun pengukuran tegangan pada masing-masing bagian dalam tv.

Sedangkan cara yang lebih mudah lagi ialah dengan mengetahui letak komponen yang rusak sehingga menyebabkan tv Toshiba maupun sanyo yang rusak standby seperti ini.


Contoh studi kasus nyata saat mendapati tv Toshiba bomba star yang rusak stby, saat dilakukan pengukuran tegangan pada elco B+ tegangan yang seharusnya 110 vdc drop hanya menjadi 50 vdc.


Setelah dilakukan pergantian komponen yang dicurigai menyebabkan tegangan B+ ini turun contohnya dalam kasus ini Flyback ternyata hasilnya sama. 


Kemudian selanjutnya dilakukan pengecekan komponen pada bagian Flyback ternyata ditemukan komponen Dioda pada jalur pin 180 v mengalami kerusakan.
 

Fungsi dari tegangan 180 v ini untuk mensupply tegangan pada bagian RGB dalam tv, karena dioda tersebut rusak akhirnya mengakibatkan sistem proteksi dalam tv bekerja.

Bagi Anda yang mau mengetahui lebih dalam tentang apa itu “sistem proteksi dalam tv” dan mengetahui data protek berbagai merk tv terkenal Anda bisa lihat di Tutorial servis tv [Premium].

Jadi bila nanti Anda menemukan kerusakan televisi seperti ini, apakah itu merk Toshiba seperti yang sudah dijelaskan di atas, tv merk sanyo, sharp, Samsung, dan berbagai merk lainnya caranya sama seperti yang aku jelaskan di atas.

Cara servis tv China mati total

Cara mengatasi kerusakan tv china mati total dengan cara memperbaiki kerusakan tv Samsung, akira, sanyo, akari, tidak jauh berbeda karena pada dasarnya prinsip kerja dalam tv tabung antara merk yang satu dan yang lainnya secara umumnya sama.

Contoh kasus kerusakan tv china mati total, hal ini disebabkan karena terjadi masalah pada bagian regulator tv tersebut. Sehingga perlu melakukan pemeriksaan pada komponen bagian regulator.



Baca Juga : Cara Ampuh memperbaiki Tv Mati Total


Anda bisa mulai periksa kabel AC apakah putus atau tidak, coba melakukan penyolderan ulang pada bagian regulator, kemudian periksa satu persatu komponen pada bagian regulator tv.

Jadi bila Anda mendapatkan servisan seperti ini di tempat Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti yang dijelaskan di atas. Apakah yang Anda dapatkan itu tv china akira, akari, sanyo, tv polytron, sharp, Lg, dan berbgai merk lainnya dengan kerusakan mati total.

Apabila sahabat ada pertanyaan seputar materi yang aku sajikan dalam kesempatan ini silahkan tuliskan dalam kolom komentar di bawah ini ya.
 

Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya karena Anda telah membaca materi khusus yang terkait kumpulan kerusakan tv semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

2 Responses to "Kumpulan Kerusakan TV dan cara Ampuh dalam Memperbaikinya"

  1. Terimakasih untuk infonya. Saya punya TV LG Flatron 21 inci, gambar ada, tp suara tidak ada. Stlh dibuka, ternyata resistor R 203 dan R 228 gosong, terbakar shgg tdk jelas lagi.Ada yg tau brp ohm nilainya. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lihat di skema tv tersebut pk untuk mengetahui secara pasti nilai R yg gosong tersebut

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel