Cara Mengatasi File Corrupt yang Terbukti Berhasil



Assalamu,alaikum, sahabat CMTV dalam kesempatan ini penulis akan coba mengangkat sebuah topik  yang cukup menarik terkait Cara mengatasi File corrupt.


Seperti yang diketahui salah satu permasalahan besar yang cukup sering ditemukan oleh banyak pengguna Komputer maupun Laptop adalah adanya File yang corrupt atau rusak.




Sedikit cerita. Beberapa tahun lalu saat penulis akan menjalani ujian di kampus, tiba-tiba saat akan mengambil file untuk dipersentasekan tiba-tiba file tersebut menjadi rusak.


Pernah juga kejadian belum lama ini saat akan membuka file untuk melihat daftar hadir karyawan, tiba-tiba file tersebut menjadi rusak dan akhirnya tidak bisa terbuka.


Mungkin saat ini Anda sedang mengalami permasalahan yang hampir sama seperti yang penulis alami di atas.


Untuk itu tepat sekali jika Anda mengetahui cara mengatasi file corrupt agar Anda bisa lebih mudah dalam mengatasi permasalahan ini.


File yang rusak ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena ada virus yang terdapat dalam computer Anda, bisa juga disebabkan karena hardisk yang badsector.


Jika permasalahan disebabkan karena hardisk yang sudah badsector penulis sarankan untuk segera mengamankan file-file di computer Anda.


Sebab hardisk yang badsector tersebut pertanda bahwa kualitasnya sudah tidak baik atau mungkin sebentar lagi akan rusak.




Setelah rusak Anda tentu akan sangat kesulitan untuk mengambil file-file Anda di Laptop atau bahkan tidak bisa lagi mengambil file penting Anda.


Kedua hal tersebut diatas sangat sering menjadi penyebab File rusak. 


Berbagai bentuk permaslahan seperti ini sehingga tidak heran banyak diluar sana yang ingin mengetahui lebih jauh cara mengatasi file rusak.


Ada yang ingin mengetahui cara memperbaiki file word yang corrupt, cara memperbaiki file excel yang corrupt di flashdisk, dan cara mengatasi file rar yang corrupt.


Untuk itu dalam sajian materi menarik ini akan penulis bahas cara mengatasi file rusak dengan baik dan benar.


Cara mengatasi File yang corrupt, apakah itu file rar, excel sebenarnya tidaklah begitu sulit dan sudah banyak yang menyediakan informasi di internet yang membahas terkait perihal masalah ini.



Namun, disini Penulis akan coba menyampaikan cara mengatasi file corrupt dengan bahasa yang ringan dan semoga bisa untuk Anda pahami.


Anda bisa melakukan 4 (Empat) Langkah cara mengatasi file corrupt berikut ini:


Langkah #1 Cara mengatasi file corrupt dengan “google docks”


Cukup banyak yang sudah membuktikan bahwa cara ini begitu efektif untuk mengatasi file rusak.


Caranya adalah terlebih dulu Anda Log ini ke https://docs.google.com/ kemudian setelah selesai log ini Anda akan diarahkan menuju https://drive.google.com
 

Setelah itu akan muncul tampilan seperti yang Anda lihat di bawah ini:




Selanjutnya Anda klik tanda “Segitiga ke bawah” lalu akan muncul tampilan seperti tersebut di atas.




Setelah itu klik yang bertuliskan upload file, maka akan muncul kotak dialog lalu pilih file yang rusak.


Anda bisa lihat gambar berikut ini:

 

Setelah itu arahkan kursor ke file yang sudah Anda upload lalu klik kanan, lalu pilih "pratinjau" seperti gambar berikut:


Lalu setelah itu muncul halaman seperti berikut:


Setelah itu Anda bisa download file tersebut kembali. Bagai banyak orang cara ini begitu mudah untuk di ikuti dan penulis yakin Anda juga bisa.


Langkah #2 Cara mengatasi File corrupt dengan menjalankan SFC scan
 

Dengan menjalankan sfc scan akan mencari file yang rusak atau corrupt dan secara otomatis akan memperbaikinya.


Cara menjalankan tekan tombol WIN+R kemudian setelah muncul kotak dialog run untuk membuka command prompt, ketik sfc scannow lalu tekan Enter Seperti gambar berikut:


Proses ini akan membutuhkan waktu antara 5 sd 15 menit untuk menyelesaikannya, tapi bisa lebih cepat juga si dari waktu diatas.


Tergantung bagaimana system operasi windows Anda bekerja, semakin mantab semakin bagus dan cepat.


Langkah #3 Cara mengatasi File corrupt dengan merubah Format File


Dengan merubah file yang corrupt dengan format yang berbeda terbukti bisa mengatasi masalah ini.




Misalnya file tersebut adalah word dan akan Anda coba merubahnya menjadi file PDF. Caranya mudah Anda tinggal convert file word tersebut ke PDF.


Sekrang banyak software berbasis web yang bisa Anda gunakan untuk merubah format file Anda. Gratis dan Anda tidak perlu mengisntall software tersebut di computer Anda.


Anda bisa cari di internet, atau Anda bisa mengetik ini di mesin pencari google “convert word ke pdf” atau jika file yang akan Anda convert itu pdf ke word, Anda bisa ketik seperti ini ”convert pdf ke word”.


Cara ini cukup mudah untuk Anda ikuti dan penulis yakin bisa mengatasi file Anda yang rusak.


Yang agak sulit dibenahi itu “Koruptor” karena harus dipangkas hingga ke akar-akarnya, benar apa gk sih šŸ˜…


Langkah #4 Menggunakan Software Repair Tools


Ada banyak software yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki file yang corrupt, seperti software File Repair, Repair toolbox, Hetman file Repair, dan masih banyak lainnya.


Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan software Reapir tools seperti ini.


Anda bisa tuliskan dalam kolom komentar dibawah ini apabila Ada pertanyaan atau Anda mungkin ingin menyampaikan bahwa cara ini benar-benar berhasil dan penulis ucapkan terimakasih.


Dengan informasi cara mengatasi file corrupt yang tersaji dalam artikel ini semoga bisa membantu Anda dalam memperbaiki kembali file Anda yang rusak.

0 Response to "Cara Mengatasi File Corrupt yang Terbukti Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel