Bagian Regulator TV yang Penting untuk Anda ketahui


Banyak bagian-bagian dalam televisi yang sangat penting untuk Anda ketahui termasuk bagian regulator tv. Baik itu regulator tv sharp, tv panasonic, LG, polytron, maupun tv china.

Sebekum lanjut kepembahasan lebih jauh tentang regulator tv ada baiknya Anda lebih dulu memahami definisi dari regulator televisi.

Regulator tv adalah Bagian yang berfungsi untuk membagi atau memberikan tegangan pada Bagian-Bagian TV Lainnya. 

Seperti bagian vertikal, bagian tuner, bagian Horizontal, bagian Flayback, maupun bagian IC suara. 

Perlu diketahui ada beberapa Merek TV yang supply Tegangannya Tidak diambil dari Regulator melainkan Dari Flyback (FBT). Kalau Mesin China kebanyakan supply tegangannya dari Bagian Regulator.

Beberapa Komponen yang sangat Penting yang pada Regulator tv bagian primer diantaranya, Seperti yang Anda Lihat dalam gambar di atas. 

Baca Juga : Cara Terbaik Dalam Belajar Servis tv Tabung

Nomor #1 Ialah Panel Regulator 

Berfungsi sebagai Penguat Regulator

Nomor #2 Ialah Elko 450 V 

Berfungsi untuk menyimpan tegangan. Nilai Elco ini sekitar 100μF-200μF, yang telah disearahkan oleh dioda Penyearah. 

Nomor #3 PTC 

Berfungsi Untuk mengendalikan Magnet Tabung. 

Nomor #4 Filter 

Berfungsi Sebagai Filter Arus, agar nantinya Arus yang Masuk lebih Halus. 

Nomor #5 Dioda Penyearah 

Komponen yang berfungsi merubah Arus AC Menjadi DC, 

Nomor #6 Kapasitor 

Nilainnya sekitar 250 V.

Nomor #7 Sekring 

Komponen yang berfungsi sebagai Pengaman ketika Komponen pada bagian Regulator ada yang rusak (Konslet) Maka sekring akan segera putus.

Nomor #8 Kabel AC 

Berfungsi untuk menyalurkan tegangan 220 V.

Nomor #9 Saklar


Berfungsi untuk memutus dan menghubungkan Arus Listrik 220 V.

Apabila salah satu Komponen yang disebutkan di atas mengalami Masalah, maka TV Tidak akan bisa bekerja dengan maksimal. Dengan Kata Lain, tv tersebut akan mengalami gangguan. 

Sebagai Contoh, PTC Pada nomor 3 (tiga) di atas Jika Mengalami Kerusakan Maka Gambar dalam TV Anda akan dipenuhi dengan Warna Pelangi. Persis Kayak Lagu Merah Kuning Hijau dilangit yang Biru. 

Biasanya setelah PTC Ini diganti Maka TV akan Kembali Normal, Warnanya Indah, dipenuhi dengan Bunga-Bunga yang Berwarna Warni (Gambar Normal). 

Selain Itu Anda Juga Perlu untuk Mengetahui Masalah yang sering terjadi ketika Bagian Regulator tv Mengalami Kerusakan. TV dalam keadaan Mati total, tegangan B+ pada Bagian Skunder tidak Normal, normalnya Ialah 110-115 VDC.

Baca Juga :  Cara Ampuh memperbaiki tv Mati Total


Kerusakan Dalam Bagian Ini yang sering terjadi Ialah TV Dalam Kondisi Mati Total. Saat Anda Mengukur Tegangan Pada elco 450 V Dalam Regulator tv, tegangannya sama sekali Tidak Ada. 

Jika Hal di Atas terjadi, maka Anda perlu melakukan pengukuran pada setiap Komponen Bagian Regulator tv. Khususnya Resistor disekitar elco 450 V, Periksa elco bagian regulator, periksa Penguat Regulator. Penguat reg ada yang menggunakan IC STR dan ada juga yang menggunakan Transistor

Jika Penguat Ini rusak, biasanya disebabkan ada komponen yang rusak disekitar panel tersebut. 

Periksa satu persatu komponen pendukung atau yang ada hubungannya dengan Panel regulator tv.


Bagi Anda yang sungguh-sungguh serius ingin mempedalam kemampuannya dalam memperbaiki tv rusak seperti para AHLI ada baiknya Anda segera miliki panduan Tutorial servis tv [Premium] karena harga akan segera Naik. 

Anda bisa dapatkan dengan harga Istimewa Hari ini juga. Khusus untuk Anda pembeli tercepat dapatkan Bonus Istimewa senilai Rp. 318.000,- saya berikan gratisss untuk Anda. 

Memahami bagian-bagian yang terdapat dalam televisi termasuk dalam hal ini regulator tv jelas akan menambah Insight Anda, sehingga bisa memudahkan Anda kedepan dalam memperbaiki televisi tabung yang rusak.

Jika ada pertanyaan, kritik, maupun masukan yang membangun Sahabat bisa menuliskannya dalam kolom komentar di bawah. Terimakasih 

0 Response to "Bagian Regulator TV yang Penting untuk Anda ketahui"

Post a Comment

Pengunjung Naik Tajam