Cara Ampuh Memperbaiki HP Oppo yang Mati Total


Cara memperbaiki HP Oppo Mati Total - HP yang mengalami kerusakan Mati Total sangat sering terjadi, termasuk dalam hal ini Ponsel Oppo. Memang mungkin sedikit membuat panik jika Ponsel yang Anda sayangi mengalami mati total, sehingga Anda membutuhkan Informasi bagaimana cara memperbaiki Hp Oppo mati total.

Sebelum masuk ke pembahasan inti dari Artikel ini, kita mungkin perlu mengetahui beberapa hal yang terkait dengan perusahaan ponsel oppo. Jadi ponsel Oppo ini berasal dari Negara China yang penggunanya sangat banyak di Indonesia.

Banyaknya Pengguna Ponsel ini ditanah Air tidak terlepas dari kualitas yang dimiliki oleh produk yang satu ini. 

Tidak hanya itu, ponsel yang satu ini juga memiliki harga jual yang relatif cukup murah dan sangat bersaing dengan harga ponsel dari kompetitor lainnya seperti Samsung.

Menurut statistik oppo urutan ke 2 [dua] setelah samsung selisih 6% artinya Oppo merupakan kompetitor yang cukup kuat dan sangat diperhitungkan.

Melihat  semua ini tentu akan menjadi pertimbangan Anda jika harus mengganti HP Anda dan mencari ponsel dengan merk yang lain, meskipun sebenarnya tidak masalah jika Anda memiliki budget yang mencukupi.

Penyebab HP oppo mati total bisa karena ada kerusakan pada software ponsel tersebut dan HP mati karena terjadi kerusakan pada Hardware ponsel itu.

Baca Juga: Cara Ampuh Memperbaiki HP Nokia yang Rusak Blenk

Adapun cara memperbaiki Ponsel Oppo disebabkan Softwarenya yang bermasalah bisa dengan menggunakan cara sebagai berikut :

1)     Recovery mode

Biasanya hp oppo ke stuck saat bekerja, untuk itu Anda bisa melakukan recovery mode untuk mengatasi masalah ini. Caranya tekan volume down + power secara bersamaan. Kemudian masuk di menu recovery mode lalu pilih yang bertuliskan reboot.

2)    Ganti Baterai Ponsel

Baterai Ponsel yang kualitasnya sudah tidak bagus dapat menjadi penyebab kerusakan ponsel seperti ini. Periksa juga konektor baterai ponsel tersebut, jika terlihat sudah sangat kendor sebaiknya Anda ganti konektornya.

3)    Metode Flashing atau instal ulang

Sebelum melakukan teknik ini, "Flashing" terlebih dulu Anda download flastool dan driver ponsel Anda tersebut. Cara flashing buka flashtool dan pilih yang bertulisakan  scatter loading lalu pilih tempat room yang dh di dwonload sebelumnya.

Apabila hp berada pada recovery mode silahkan pilih turn off lepaskan lalu hubungkan hp ke pc tanpa baterai . 

Jika hp bergetar tekan tombol down + power secara Bersamaan dengan begitu proses flashing akan segera dimulai.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas langkah-langkah ini bisa juga diaplikasikan dalam memperbaiki Hp oppo a57 maupun oppo r1001 yang  mati total.

Untuk cara memperbaiki HP oppo disebabkan karena masalah pada Hardware maka Anda terlebih dulu melepaskan casing ponsel Anda tersebut. Setelah lepas coba lakukan penyolderan ulang komponen disekitar IC Power.

Setelah penyolderan ulang mulailah Anda melakukan analisa tegangan. Untuk memudahkan Anda berikut kami berikan studi kasus dalam mengatasi HP oppo dengan Type R2001 yang mati total.

Baca Juga: Cara Ampuh Memperbaiki HP Huawei yang Bootloop

Adapun cara analisa tegangannya Ialah sebagai berikut :

1)    Cek titik tegangan pada output IC power

Saat Anda melakukan pengukuran tegangan pada output IC suara harus ada tegangan sekitar 4 V. Bila tidak ada tegangan bisa disimpulkan bahwa IC power pasti bermasalah.


2) Setelah mengetahui bahwa IC power bermasalah selanjutnya Anda ukur input atau sumber tegangan dari IC power itu sebesar 4 V, jika tegangan inputnya 0 atau di bawah 4 V bisa kita curigai bahwa Baterai HP tersebut sudah rusak.


Selanjutnya Lepaskan casing ponsel tersebut dan gantilah dengan baterai yang ORI, meskipun sedikit agak mahal namun bisa Anda gunakan dalam waktu yang cukup lama.

Seperti inilah prosedur yang bisa Anda lakukan dalam memperbaiki ponsel oppo yang mati total. 

Setiap orang mungkin punya teknik sendiri terkait cara memperbaiki HP oppo mati total namun prosedurnya secara umum seperti yang sudah dijelaskan dalam postingan ini.

Apabila ada pertanyaan Anda bisa tuliskan dalam kolom komentar di bawah ini, termasuk jika ada kritik dan saran yang sifatnya membangun saya ucapkan terimakasih.

1 Response to "Cara Ampuh Memperbaiki HP Oppo yang Mati Total"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel