Cara Memperbaiki Tv Gambarnya Goyang


Tv Gambarnya Goyang Adalah Salah satu Bentuk Kerusakan Pada Tv yang sering Terjadi. Apabila Anda sudah Lama Menekuni Profesi sebagai Tuser Tv Mungkin Kerusakan seperti Ini Bukanlah Hal yang Sulit untuk Anda Kerjakan.

Kerusakan seperti Ini Langkah-langkah Dalam memperbaikinya Tidaklah Jauh Berbeda dengan Cara memperbaiki Tv Kerusakan Horizontal Maupun Tv Kerusakan Vertikal. Ada beberapa Cara yang Bisa Anda Lakukan Apabila Anda Akan memperbaiki Televisi dengan Kerusakan seperti Ini. Anda Amati Gambar yang Goyang tersebut Apakah secara Vertikal Maupun Horizontal.


Lihat Juga : Panduan Premium Terbaik

Jika Perlu Anda Lakukan Penyolderan pada Bagian yang dicurigai mengalami Kerusakan serta mengukur satu persatu Komponen yang terdapat Pada Bagian tersebut. In Syaa Allah Cara Ini Mudah untuk Anda Ikuti.

Amati Gambar yang Goyang  Pada Layar Tv Tersebut

Langkah Pertama Coba Anda Amati Gambar yang Goyang tersebut. Apakah cenderung Kearah Vertikal Maupun Horizontal. Apabila Cenderung Kearah Horizontal Maka yang Menjadi Objek sasaran Anda Ialah Bagian Vertikal.

Lakukan Penyolderan Ulang Pada Bagian Vertikal

Langkah Kedua Ini cukup Penting untuk Anda Lakukan. Sebab Apabila Kualitas Solderan Pada Bagian Vertikal Tv tersebut sudah tidak Baik, Mungkin saja Tv akan Rusak seperti Ini.

Analisa Kerusakan TV Bagian Vertikal

IC Vertikal Bersama-sama dengan Flayback Ataupun Regulator, IC Croma, defleksi Yoke, dan beserta Komponen Pendukung Lainnya, seperti Dioda, elco Resistor, dll. Berfungsi untuk Membuka Layar Secara Horizontal Dari Titik Tengah Ke Atas Dan Dari Titik Tengah Kebawah.

Apabila IC Vertikal tidak bekerja dengan Maksimal maka seluruh bagian-bagaian Lainnya Juga tidak akan dapat bekerja dengan Maksimal. Sehingga seringkali Anda menemukan TV Hanya bergaris Horizontal (Garis Mendatar), Tv Hidup namun ada garis-garis Horizontal Bagian atas Layar TV, Dan Lain sebagainya.

Untuk mengetahui Apakah IC Vertikal sudah bekerja sesuai dengan Fungsinya, Maka terlebih dulu Anda Lakukan pengukuran pada Pin (Kaki) Vcc (B+) IC Vertikal. Tegangan B+ Ic Vertikal sekitar 24 VDC. Apabila tidak terdapat tegangan Pada IC Vertikal, maka IC Tersebut Tidak akan dapat bekerja.

Langkah Selanjutnya Ialah. Anda ukur Sumber tegangan IC Vertikal tersebut. Sumbernya, berasal dari FBT Tepatnya di Pin 24 V Flayback (FBT). Apabila Pada tegangan sumbernya Ada tegangan sedangkan B+ IC Vertikal tidak ada tegangan, seringkali Ada Komponen yang Menuju B+ Vertikl yang Rusak sehingga menyebabkan Arus tidak bisa sampai di kaki B+ Ic Tersebut.
 
Untuk Itu Anda telusuri satu persatu Komponen yang sejalur dengan B+ IC Tersebut. Biasanya ditemukan ada Resistor yang Rusak. Ganti R Tersebut biasanya TV Sudah dapat Hidup Normal Kembali.

Analisa Kerusakan Bagian Output Vertikal dan oscillator Vertikal

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa oscillator Vertikal yang ada di dalam IC Croma merupakan Pendukung Dari IC Tersebut sehingga Bila IC Croma tidak bekerja sesuai dengan Fungsinya, maka IC Vertikal juga tidak akan dapat bekerja dengan Maksimal.

Setelah Anda mengukur tegangan B+ Vertikal ternyata Ada tegangannya. Maka Langkah selanjutnya Anda ukur “Output Vertikal” tepatnya di kaki Output vertical Anda Bisa Lihat Data Sheet Komponen tersebut Jika tidak Tahu Mana Pin Outputnya.

Tegangan Output IC Tersebut Hanya sekitar 16 VDC. Apabila Tegangan Output Berubah menjadi 24 V Atau Lebih Ini ciri-ciri IC Vertikal Rusak. Biasanya ditandai dengan Pendingin IC Tersebut terasa sangat Panas sekali meskipun sebentar saja dihidupkan. Ganti IC Tersebut Biasanya TV Sudah dapat Normal kembali.

Apabila Output IC Vertika tidak ada tegangan “Nolt Volt” Coba Anda Langsung melakukan pengukuran Pada oscillator Vertikal Out yang untuk TV Generasi sekarang telah menyatu dengan IC Croma.
 

Apabila Ada tegangannya, urutkan jalur dari Osc Vertikal tersebut yang menuju Pin IC Vertkl. Seringkali ditemukan Ada Komponen yang Rusak yang menyebabkan IC Tersebut tidak bekerja. Namun, apabila Anda melakukan pengukuran tegangan Pada Pin osc Vertikal Out tidak ada tegangan. Maka sementara Ini dapat disimpulkan IC Croma sudah dalam keadaan Rusak.
 

Jadi Jika Dapat Disimpulkan Bahwa Kerusakan Seperti Ini Dapat Pula dikatakan Kerusakan Tv Bagian Vertikal. Sebab, Jika Bagian Vertikl Tv Mengalami Kerusakan "Satu Garis Horizontal" Maka yang Menjadi Analisa Kerusakannya Hanya Pada Bagian Vertikal saja.

Cukup sampai disini Pembahasan yang terkait dengan Tv Gambarnya Goyang. Harapan Saya Semoga Kedepan Anda sudah Bisa mengetahui Langkah-langkah dalam memperbaiki TV yang Rusak seperti Ini.




Anda Baca Juga Artikel Terkait:

Cara Memperbaiki Tv Bergaris Vertikal 

Penyebab Layar TV Bergaris Garis 

Tv Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

3 Responses to "Cara Memperbaiki Tv Gambarnya Goyang"

  1. Tv ku merk sharp.. gambarnya klo di warna goyang tapi klo dibuat hitam putih bisa normal..mohon petunjuk master..

    ReplyDelete
  2. Tv cina apabila dimasukin video gambar goyang, tapi apabila video tidak masuk, gambar normal
    Mohon petunjuknya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel